Aug 31, 2008

BUDAYA TOLERANSI DAN PERDAMAIAN


"Para rasul Allah telah memberi tauladan dan menunjukkan serta mengajarkan bersikap toleransi. Darinya tumbuh berbagai norma yang mencerminkan sikap toleransi. Nabi Muhammad saw contoh, setibanya tempat tujuan hijrah(Yatsrib/Madinah), yang ditempuh pertama kali adalah terciptanya ‘brotherhood’ dan penyatuan diantara kelompok muhajirin dengan pelbagai kelompok penghuni asal (pribumi).


Kemudian menciptakan sistem sosial baru, sebagai wahana berbagai kegiatan dari berbagai orang dan kelompok yang saling berhubungan secara konsistan. Sistem baru itu dilegalisir dalam bentuk norma timbal-balik untuk menciptakan keseimbangan yang memadai antara belbagai kelompok yang terlibat dalam hubungan sosial ditempat yang baru (Yatsrib). Norma itu terpatri dalam Sofihan Al Madaniyyah (lebih kita kenali sebagai Piagam Madinah).


Piagam Madinah disamping bersifat norma hubungan timbal balik yang memadai bagi masyarakat berbilang kaum, juga merupakan perjanjian, undang-undang politik, tananan bernegara yang mengandung aturan-aturan kehidupan bersama dalam sistem sosial besarberbentuk negara, bagi segenap warganya yang berbilang kaum: Muslim, Yahudi, Nasrani dan lain-lain di sebuah negara yang bernama Madinah".-aspg

3 comments:

  1. diharapkan kita dapt melaksanakan sebagaimna rasul2 nya yang terdahulu melaksanakan....

    ReplyDelete
  2. salam...
    cari persamaan sesama kita...
    persamaannya ialah...kita ialah manusia...
    Al-quran itu adalah untuk manusia...
    Alhamdulillah...

    ReplyDelete